Minggu, 08 Juni 2014

Help users recognize, diagnose, and recover from errors - mainanbalita.com

“Though you could use all powers vested in you to make error-proof applications, they are inevitable especially in large-scale applications, because of things beyond your control and because of ..ahem… users themselves – there I said it. When errors occur, they need to be communicated well to the users.”

Pesan error harus dinyatakan dalam bahasa manusia biasa, maksudnya bukan bahasa programmer, atau bahkan bahasa mesin. Supaya pengguna mengerti apa yang dimaksud pesan error tersebut. Pesan error yang baik adalah: membuat pengguna tau apa yang terjadi dan cara memperbaikinya, serta jika diperlukan, menampilkan informasi tambahan (misal: link halaman yang membahas langkah-langkah memperbaiki kesalahan).
Beberapa pesan kesalahan sudah saya bahas di bagian Error Prevention. Seperti kesalahan ketika registrasi dan memesan barang.  Tapi sekarang akan dibahas dari sisi usernya.
Oke, yang pertama saat melakukan pencarian. Saya mencoba mencari nama saya sendiri: nalar. Dan hasilnya memang di web itu tidak ada kata-kata nalar. Tapi yang ditampilkan hanya seperti ini





Harusnya yang muncul itu bukan seperti itu. Karena saya mengira kalau halamannya masih loading, jadi saya terus menunggu sampai jemu. Hehe. Bukankah lebih baik jika ada pesan “Kata kunci yang Anda masukkan tidak ditemukan, silahkan masukkan kata kunci lain” atau pesan-pesan sejenisnya?
Kemudian saat melakukan registrasi, muncul pesan saat memasukkan email yang sudah terdaftar.






Ada kata GALAT yang umumnya jarang dipakai didalam kasus seperti itu. Namun sisi baiknya, sistem menggunakan kata-kata dengan bahasa yang baik dan sopan, selain itu pesan tersebut menjelaskan penyebab kesalahan dan cara mengatasinya dengan singkat dan jelas. Nice! ^.^
Selanjutnya, saat melakukan pembayaran, saya tidak mengisikan propinsi, maka muncullah pesan error


Tapi sayangnya, mengapa pesan itu diletakkan di atas? Bukan di dekat kesalahan berasal. Itu membuat pengguna berpikir bahwa kesalahan saya waktu mengisi form adalah disekitar bagian atas, padahal di situ tidak ada label propinsi. Dan butuh beberapa menit untuk menyadari bahwa label propinsi ada dibagian bawah. Sebaiknya, pesan error diletakkan di samping text box yang tidak terisi, sehingga pengguna langsung menyadari kesalahannya.

Overall, severity rate yang saya berikan untuk mainanbalita.com adalah 3 karena menurut saya, pesan error adalah hal yang urgent terutama dibagian search, itu harusnya memberi tahukan kalau kata yang dicari tidak ada. Dan yang paling penting, di bagian pembayaran, yang seperti telah saya ceritakan di bagian sebelumnya, membuat saya kesal dan sedikit frustasi.

Bagaimana menurut Anda?


0 komentar:

Posting Komentar