“Though you could use all powers vested in you to make error-proof applications, they are inevitable especially in large-scale applications, because of things beyond your control and because of ..ahem… users themselves – there I said it. When errors occur, they need to be communicated well to the users.”
Pesan error harus dinyatakan dalam bahasa manusia biasa,
maksudnya bukan bahasa programmer, atau bahkan bahasa mesin. Supaya pengguna
mengerti apa yang dimaksud pesan error tersebut. Pesan error yang baik adalah:
membuat pengguna tau apa yang terjadi dan cara memperbaikinya, serta jika
diperlukan, menampilkan informasi tambahan (misal: link halaman yang membahas
langkah-langkah memperbaiki kesalahan).
Beberapa pesan kesalahan sudah saya bahas di bagian Error Prevention. Seperti kesalahan
ketika registrasi dan memesan barang.
Tapi sekarang akan dibahas dari sisi usernya.
Oke, yang pertama saat melakukan pencarian. Saya mencoba
mencari nama saya sendiri: nalar. Dan hasilnya memang di web itu tidak ada
kata-kata nalar. Tapi yang ditampilkan hanya seperti ini
Harusnya yang muncul itu bukan seperti itu. Karena saya
mengira kalau halamannya masih loading,
jadi saya terus menunggu sampai jemu. Hehe. Bukankah lebih baik jika ada pesan
“Kata kunci yang Anda masukkan tidak ditemukan, silahkan masukkan kata kunci
lain” atau pesan-pesan sejenisnya?
Kemudian saat melakukan registrasi, muncul pesan saat
memasukkan email yang sudah terdaftar.
Ada kata GALAT yang umumnya jarang dipakai didalam kasus
seperti itu. Namun sisi baiknya, sistem menggunakan kata-kata dengan bahasa
yang baik dan sopan, selain itu pesan tersebut menjelaskan penyebab kesalahan
dan cara mengatasinya dengan singkat dan jelas. Nice! ^.^
Selanjutnya, saat melakukan pembayaran, saya tidak
mengisikan propinsi, maka muncullah pesan error
Tapi sayangnya, mengapa pesan itu diletakkan di atas? Bukan
di dekat kesalahan berasal. Itu membuat pengguna berpikir bahwa kesalahan saya
waktu mengisi form adalah disekitar bagian atas, padahal di situ tidak ada
label propinsi. Dan butuh beberapa menit untuk menyadari bahwa label propinsi
ada dibagian bawah. Sebaiknya, pesan error diletakkan di samping text box yang tidak terisi, sehingga
pengguna langsung menyadari kesalahannya.
Overall, severity rate
yang saya berikan untuk mainanbalita.com adalah 3 karena menurut saya, pesan error adalah hal yang urgent terutama dibagian search, itu
harusnya memberi tahukan kalau kata yang dicari tidak ada. Dan yang paling
penting, di bagian pembayaran, yang seperti telah saya ceritakan di bagian
sebelumnya, membuat saya kesal dan sedikit frustasi.
Bagaimana menurut Anda?
0 komentar:
Posting Komentar