“Minimize the user’s memory load by making objects, actions, and options visible. The user should not have to remember information from one part of the dialogue to another. Instructions for use of the system should be visible or easily retrievable whenever appropriate.”
Recognition berarti mengenali sebuah objek yang pernah dilihat
sebelumnya. Sedangkan recall berarti
mencoba mengingat-ingat bagaimana warna, bentuk atau lainnya dari objek yang
pernah dilihat sebelumnya. Kita pasti merasa bahwa recall lebih sulit dilakukan daripada recognition. Oleh karena itu, desain halaman web pun harus
menyesuaikan kemampuan penggunanya.
Kebanyakan pengguna (terutama saya) tidak bisa mengingat
serangkaian nomor, kata apalagi daftar pekerjaan. Hal baiknya, di bagian “shopping cart” sudah ada daftar barang
apa yang telah dipilih, jumlah beserta harga dan total harganya. Nama barang di
dalam daftar itupun sekaligus menjadi link
ke halaman deskripsi barangnya. Saya cukup puas dengan fasilitas ini. Karena
saya tidak perlu mengingat barang apa saja yang sudah saya pilih tadi?. Selain
itu, kotak “shopping cart” itu ada di
seluruh halaman. Jadi saya tetap bisa melihatnya dimanapun saya berada di web
itu.
Selain itu, icon
keranjang belanja yang ada di kotak Shopping
Cart menggambarkan keranjang belanja dalam dunia nyata. Ini bagus, karena
manusia lebih mudah menghubungkan hal yang ada di dunia nyata dengan
menggunakan gambar.
Bagusnya lagi, hampir seluruh desain
gambar halaman sama untuk setiap halaman. Jadi, user masih bisa mengenali, dan
menyadari bahwa dia masih ada di dalam web mainanbalita.com. Nice! ^.^
Sayangnya, seperti yang telah dibahas sebelumnya, sistem
registrasi di mainanbalita.com mengirimkan passwordnya ke email ketika
mendaftar. Password yang saya dapat waktu itu adalah Kz23wD. Mungkin dalam
beberapa jam saya ingat. Tapi ketika beberapa hari kemudian dihadapkan dengan
kotak dialog ini lagi,
Saya
lupa apa kata sandi aku saya? Akhirnya, saya membuka email, lalu mencari email
dari mainanbalita.com yang sudah pernah saya dapat lalu mengisikannya ke dalam
form. Dan jujur, itu merepotkan. Parahnya, tidak ada fasilitas ganti password.
Maka dari itu saya menyarankan desain form baru
Agar
pengguna bisa memilih passwordnya sendiri, yang tentu saja akan lebih diingat.
Untuk masalah pengarsipan sendiri, mainanbalita.com pun bisa saja mengirimkan
passwordnya ke email pengguna, untuk jaga-jaga kalau suatu hari pengguna lupa
password. Atau solusi lebih sederhana, adakan fasilitas “lupa password”.
Untuk
nilai severity ratingnya sendiri,
saya berikan nilai 2, penting untuk diperbaiki, namun prioritasnya rendah.
Karena sebenarnya user masih bisa mengingat kembali passwordnya di email
mereka, walaupun agak repot.
Bagaimana
menurut Anda?
0 komentar:
Posting Komentar